Kurma Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah? Mari Buktikan!


SmartOnLife.com - Kurma buah untuk diet yang bisa menurunkan berat badan. Saat berpuasa, kurma menjadi buah yang paling sering muncul di pasar swalayan atau pasar tradisional. Kurma seakan menjadi buah yang harus dikonsumsi minimal satu kali selama bulan Ramadhan saat kita berpuasa.

Mengonsumsi kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Namun benarkah kurma dapat menurunkan berat badan? Mengapa kurma bisa menurunkan berat badan? Apakah kurma baik untuk diet? Apakah kurma dianjurkan untuk diet? Apa kandungan kurma?

Nah, dari sekian banyak pertanyaan tersebut, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam kurma.

KANDUNGAN DALAM BUAH KURMA


1. Kandungan Serat Tinggi


Kurma kaya akan serat. Serat atau karbohidrat dapat membantu melancarkan pencernaan manusia. Serat membantu memperlambat penyerapan makanan di usus besar sehingga membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ini juga mencegah peningkatan glukosa darah berlebih secara tiba-tiba.

2. Kandungan Asam Lemak Tak Jenuh Tinggi


Tidak semua lemak itu buruk, salah satunya asam lemak tak jenuh yang terdapat pada kurma. Asam lemak tak jenuh bisa membantu mengurangi peradangan. Peradangan bisa terjadi karena berbagai alasan seperti cedera, pembengkakan, penyakit, konsumsi makanan yang tidak sehat, serta menjalani gaya hidup yang tidak baik. Buruknya, peradangan bisa menyebabkan obesitas, resistensi insulin, diabetes, penyakit hati. Kurma memiliki jumlah asam lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga ketika mengkonsumsinya, Anda bisa mengurangi peradangan dan menurunkan risiko untuk menambah berat badan.

3. Sumber Protein Yang Baik


Kurma juga kaya akan protein. Protein susah dicerna dan waktu transisi di usus besar lebih panjang, yang membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, protein juga bisa membantu membangun dan memperbaiki otot.

4. Kandungan Antioksidan


Buah-buahan kering kaya akan antioksidan. Antioksidan bisa membantu mengais radikal bebas yang berbahaya dan mengurangi stres serta peradangan. Buah segar mengandung antioksidan seperti anthocyanin, phenolic, dan karotenoid. Ini membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.

5. Aktivitas Anti-Diabetes


Permen alami ini benar-benar dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda. Para ilmuwan telah menemukan bahwa flavonoid, saponin, dan fenolik dalam kurma dapat membantu merangsang produksi insulin. Plus, ditemukan bahwa makan tanggal ke tikus diabetes laboratorium membantu meningkatkan berbagai hasil biokimia (8). Namun, Anda perlu berhati-hati jika Anda seorang penderita diabetes. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat mengkonsumsi tanggal.

6. Pemanis Alami


Kurma bersifat manis, lembut, dan lengket. Kurma dapat dijadikan sebagai pemanis alami tanpa ada efek buruk seperti gula tebu. Jadi, jika Anda merasa ingin makan yang manis setelah makan, cukup letup dua kurma di mulut Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat memberikan nutrisi ke tubuh Anda tanpa risiko berat badan bertambah.

KESIMPULAN

Berdasar uraian kandungan yang terdapat pada buah kurma, dapat disimpulkan bahwa kurma bisa menurunkan berat badan. Kurma baik untuk diet. Kurma cocok dikonsumsi saat diet.

CARA MAKAN KURMA UNTUK DIET


Salah satu cara menarik makan kurma yaitu dengan menghilangkan biji-bijian mereka dan memasukkan beberapa potongan kenari dan almond atau buah kering lainnya ke dalamnya. Menambah salad cincang dan buah atau pencuci mulut merupakan cara lain untuk menikmatinya. Anda juga dapat memasukkan tanggal dalam sayuran, hidangan nasi, couscous, dll.

OLAHAN DARI KURMA


Berikut beberapa olahan dari kurma yang dapat anda coba buat di rumah :

Sekian ulasan tentang Apakah Kurma Baik Untuk Diet. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel