5 Makanan yang Dianjurkan Saat Sahur Agar Kuat Berpuasa


SmartOnLife.com - Makanan yang baik dikonsumsi saat sahur. Sebelumnya kita sudah membahas Makanan Yang Bahaya Dikonsumsi Saat Sahur. Kurang baik rasanya jika kita tidak membahas kebalikan dari artikel tersebut, yaitu Makanan yang Dianjurkan Dimakan Saat Sahur.

Sahur bisa disebut sebagai penentu apakah kita kuat berpuasa atau tidak, tentu selain niat. Banyak orang yang tidak kuat berpuasa dan memaksakan diri untuk tetap berbuka setelah adzan Maghrib. Akibatnya apa? Tubuh kita menjadi lemas dan kita makan secara rakus ketika berbuka sehingga menyebabkan perut kita menjadi kembung dan akhirnya tidak bisa menjalankan ibadah Shalat Tarawih dan Witir.

Saat sahur, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita tidak boleh makan makanan yang mengandung kafein, soda, pedas, asin, berminyak, dan makanan yang terlalu manis. Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dimakan saat sahur untuk menambah energi kita agar kuat berpuasa?

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur


1. Kurma



Saat berbuka, sangat dianjurkan kita mengonsumsi kurma. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kita mengonsumsi buah ini. Ternyata, buah ini tidak hanya baik dikonsumsi saat berbuka lho, namun juga baik untuk sahur. Kurma mengandung tiga jenis zat gula, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Glukosa bisa menaikkan kadar gula dalam darah, sukrosa dan fruktosa bisa menjaganya supaya tetap stabil. Selain itu, kurma juga kaya akan serat sehingga membuat pencernaan kita tidak terganggu.kita dianjurkan makan setidaknya dua butir kurma saat sahur maupun berbuka.

2. Biji Bijian



Biji-bijian mengandung banyak sekali serat yang bisa membantu sistem pencernaan dalam tubuh kita sekaligus membersihkanya. Makanan ini juga bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama ketika dikonsumsi saat sahur dan tentu membuat kita akan kuat untuk berpuasa. Mengonsumsi biji-bijian sangat membantu tubuh karena meningkatkan metabolisme. Sebaiknya, konsumsi biji-bijian seperti buncis, kacang hijau, kacang poling, kacang tanah, dan kedelai saat sahur.

3. Beras Merah



Tubuh tidak akan mendapat asupan apapun selama 14 jam setelah sahur. Perut akan terisi kembali ketika berbuka sehingga untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna membuat perut kita akan merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh dibanding beras putih biasa.

4. Sayur dan Buah



Saat sahur, sebaiknya jangan makan dengan porsi yang banyak, namun makan dengan porsi yang banyak mengandung gizi dan energi karena kita memerlukan banyak kebutuhan cairan dan elektrolit yang harus dipenuhi. Sayur dan buah bisa menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi saat sahur karena kaya akan serat dan memiliki kaadr air yang tinggi.

5. Daging



Tidak ada salahnya mengonsumsi daging saat sahur. Meski merupakan makanan berminyak yang kurang baik dikonsumsi saat sahur, namun daging bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh kita. Protein digunakan utnuk proses metabolisme dan menghasilkan energi. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi daging saat sahur karena protein dari daging bisa berubah menjadi asam amino. Bakteri dalam mulut akan memecah asam amino dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Terimakasih sudah membaca Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel dibawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel