Bahaya! 4 Makanan Ini Wajib Dihindari Saat Sahur


SmartOnLife.com - Makanan yang harus dihindari saat sahur. Sebelumnya kita sudah membahas Makanan yang Dianjurkan Saat Sahur Puasa. Saat kita berpuasa, pola makan kita pun ikut berubah yang awalnya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Hal tersebut tentu menjadikan kebutuhan energi kita berkurang karena kerja organ tubuh manusia menjadi lebih lambat dari hari biasanya.

Jeda tidak makan dan tidak minum selama 14 jam kadang membuat orang berpikir untuk menambah porsi makan pada saat berbuka dan sahur agar bisa menambah tenaga untuk menjalani puasa yang cukup panjang.

Tapi, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena baik makanan saat sahur maupun berbuka sebenarnya tidak harus banyak, melainkan harus memenuhi kebutuhan gizi. Bukan cuma sekedar menghilangkan rasa lapar demi bisa bertahan sampai berbuka saja.

Nah, setidaknya terdapat empat kesempatan kita makan saat berpuasa, yang pertama adalah ketika sahur, kemudian ketika berbuka, lalu makan malam dan yang terakhir selingan bilaingi. Ketika pagi buta saat sahur, kadang orang merasa malas untuk bangun sehingga hanya makan makanan seadanya. Bahkan makanan instan pun kadang menjadi solusi bila sedang malas memasak.

Tapi tahukah anda bahwa terdapat Makanan yang Berbahaya Untuk Dikonsumsi Saat Sahur. Nah, dilansir dari berbagai sumber, setidaknya terdapat 4 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur puasa.

 
4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur


1. Makanan Manis



Kita dianjurkan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang manis, namun tidak demikian saat sahur. Makanan yang mengandung gula merupakan makanan yang rendah nutrisi dan memiliki kalori yang tinggi. Makanan ini memang tidak masalah dikonsumsi saat sahur, namun sebaiknya makanan manis dihindari saat sahur. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis saat sahur bisa membuat anda cepat haus dan perut merasa kembung.

2. Kafein dan Soda



Ketika menonton siaran bola pada tengah malam, biasanya laki-laki menyandigkan segelas kopiuntuk dikonsumi. Tayangan bola juga kadang bertepatan dengan bulan Ramadhan. Tapi, sebaiknya kita menghentikan sementara meminum kopi saat bulan puasa, terutama saat malam hari menjelang sahur. Mengapa demikian? Karena ketika kita banyak mengonsumsi minuman kopi yang mengandung kafein, tubuh kita akan merasa mudah lesu dan gampang dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebaiknya hindari meminum kopi atau minuman bersoda saat sahur.

3. Makanan Berminyak



Makanan berminyak seperti gorengan bisa menjadi solusi praktis ketika kita sedang malas untuk memasak nasi atau lauk saat sahur. Namun, sebaiknya kita menghindari mengonsumsi gorengan saat sahur karena proses pencernaan gorengan dalam tubuh kita memerlukan energi yang lebih besar daripada makanan yang tidak berminyak. Sehingga, belum buka puasa pun tubuh kita akan mudah merasa lemas. Selain itu, gorengan bisa membuat kita cepat haus dan perut menjadi kembung.

4. Makanan Asin dan Pedas



Mengonsumsi makanan pedas atau asin ketika sahurbisa membuat tubuh kita mengalami ketidakseimbangan kadar sodium. Hal tersebut membuat anda akan merasa lebih haus sepanjang hari. Tidak hanya itu, tubuh pun juga akan merasa cepat lemas dan mungkin kita tidak akan kuat untuk berpuasa seharian.

Sekian artikel yang membahas tentang Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur. Jangan lupa untuk membaca artikel dibawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel