Subhanallah, Ini 7 Manfaat Puasa Bagi Tubuh yang Tidak Terduga


SmartOnLife.com - Manfaat puasa yang jarang diketahui. Bulan Ramadhan menjadi berkah bagi banyak orang. Selain Puasa bisa meningkatkan kesehatan, puasa juga memiliki manfaat lain yang jarang kita ketahui. Bukan hanya bagi Umat Muslim atau Islam saja, namun juga untuk umat agama lain. Karena sebenarnya Manfaat Berpuasa adalah untuk tubuh. Simak penjelasan berikut ini.

MANFAAT PUASA YANG JARANG DIKETAHUI

1. Puasa Untuk Menurunkan Berat Badan


Ada penelitian yang menyebut puasa sangat baik untuk menurunkan berat badan. Satu studi tahun 2015 menemukan bahwa puasa bisa memangkas berat badan hingga 7 persen dan memangkas lemak tubuh hingga 6 kg.

Studi lain, yang satu ini dari University of Southern California, menemukan bahwa ketika orang dewasa berpuasa selama lima hari setiap tiga bulan sekali, mereka akan kehilangan rata-rata 3 kg, lingkar pinggang dan lemak tubuh berkurang tanpa mengorbankan massa otot.

2. Puasa Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan Manusia


Hormon pertumbuhan manusia (HGH), diproduksi oleh tubuh dan berada dalam aliran darah selama beberapa menit. Hormon ini sangat efektif untuk mengobati obesitas dan membantu meningkatkan massa otot dan membakar lemak. HGH juga bisa meningkatkan kekuatan otot.

3. Puasa Baik Untuk Atlet / Olahragawan


Puasa dapat mengurangi lemak berlebih sekaligus meningkatkan pertumbuhan otot. Atlet disarankan untuk mengkonsumsi protein setengah jam setelah menyelesaikan latihan untuk membangun otot dan mengurangi lemak. Puasa disarankan pada hari-hari pelatihan, sementara makan dianjurkan pada hari-hari pertandingan.

4. Puasa Untuk Menormalkan Sensitivitas Insulin


Ketika mendapat terlalu banyak karbohidrat dan gula, tubuhmenjadi resisten terhadap insulin, sehingga menyebabkan sejumlah penyakit kronis mudah masuk ke tubuh. Sangat penting untuk menjaga tubuh Anda sensitif terhadap insulin. Puasa merupakan cara yang efektif untuk melakukannya.

Sebuah penelitian dari World Journal of Diabetes menemukan bahwa puasa pada orang dewasa dengan diabetes tipe-2 memperbaiki penanda kunci bagi orang-orang itu, termasuk berat badan dan kadar glukosa mereka. Puasa juga bisa mengurangi kalori dan mengurangi lemak, insulin dan resistensi insulin. Jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan pra-diabetes atau sensitivitas insulin, puasa bisa menjadi solusi.

5. Puasa Dapat Menormalkan Kadar Ghrelin


Apa itu ghrelin? Ghrelin juga dikenal sebagai hormon lapar, karena bertanggung jawab untuk memberi tahu tubuh Anda lapar atau tidak. Diet dan makan yang sedikit bisa meningkatkan produksi ghrelin, yang akan membuat Anda merasa lapar. Tapi ketika Anda puasa, meski Anda mungkin merasa lapar pada beberapa hari pertama, Anda sebenarnya sedang menormalkan level ghrelin.

Pada akhirnya, Anda tidak akan merasa mudah lapar hanya karena anda sudah terbiasa. Sebaliknya, tubuh Anda akan menjadi lebih kuat menahan lapar.

6. Puasa Menurunkan Kadar Trigliserida


Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kolesterol jahat, kadar trigliserida Anda akan naik, sehingga memungkinkan Anda mengalami penyakit jantung. Puasa bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan trigliserida. Perlu dicatat, puasa tidak mempengaruhi kadar kolesterol baik dalam tubuh.

7. Puasa Memperlambat Proses Penuaan


Meski belum terbukti pada manusia, studi pada tikus menyatakan bahwa puasa  berhubungna dengan peningkatan umur panjang. Puasa dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan rentang hidup pada tikus. Sekelompok tikus yang berpuasa sebentar-sebentar sebenarnya hidup lebih lama daripada tikus yang tidak berpuasa. Tentu saja hasil ini tidak bisa disamakan pada manusia, tetapi tanda-tanda itu ada.

Sekian artikel tentang Manfaat Menakjubkan Puasa, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel