5 Menu Buka Puasa Untuk Diet yang Praktis dan Sehat


SmartOnLife.com - Pilihan menu buka puasa untuk diet sehat, praktis, dan murah. Bulan Puasa Ramadhan menjadi bulan yang paling menyenangkan bagi para pelaku diet. Dengan adanya bulan puasa ini, orang-orang yang sedang melakukan diet akan merasa sangat terbantu. Jika saat bukan Bulan Puasa kita mendapat banyak godaan dari makanan yang menggugah selera, selama satu bulan ini kita harus menahannya.

Tapi, kadang saat berbuka kita terlalu bernafsu untuk menyantap semua makanan yang ada di hadapan mata. Niat untuk diet tiba-tiba hilang dan baru sadar ketika perut kita sudah kenyang. Dan yang bahaya adalah, menu makanan yang kita siapkan untuk berbuka ternyata tidak membantu diet kita. Yang ada justru membuat tubuh kita semakin gemuk.

Baca : Kenapa Saat Puasa Tubuh Semakin Gemuk? Makanan Ini Penyebabnya!

Nah, kali ini saya akan membagikan tips menu buka puasa untuk yang sedang menjalai diet. Dilansir dari berbagai sumber, saya pilihkan lima jenis makanan terbaik yang bisa dikonsumsi seseorang yang sedang menjalani diet di bulan Ramadhan.

Menu Buka Puasa Untuk Diet Sehat


1. Nasi Merah



Saat diet, anda harus mengurangi konsumsi nasi putih karena nasi putih cepat dicerna oleh tubuh dan mengandung kalori dalam jumlah yang sangat banyak sehingga berisiko menaikkan kadar glukosa dalam darah yang membuat tubuh kita semakin gemuk.

Nah, cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah karena nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Jadi, kombinasikan nasi merah dengan lauk yang sehat. Apa lauk sehatnya?

2. Ikan



Ikan adalah menu buka puasa yang sehat untuk diet. Sebagai saran, konsumsilah ikan salmon atau tuna karena kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Namun, cara memasak ikan juga harus diperhatikan karena anda sedang diet, sebaiknya masak ikan jangan digoreng. Masak ikan dengan cara dibakar, panggang, atau rebus. Jika salmon atau tuna dirasa terlalu mahal, anda bisa menggantinya dengan ikan yang lebih murah seperti gurami atau mujahir.

3. Buah dan Sayur



Buah dan sayur mengandung banyak sekali serat yang menyehatkan bagi organ pencernaan. Untuk yang sedang diet di bulan Ramadhan, sebaiknya banyak-banyak makan buah dan sayur agar pencernaan lancar dan anda terhindar dari sembelit.

Buah bisa dijadikan sop buah sebagai minuman untuk berbuka, sementara sayur bisa dijadikan pendamping ikan dan nasi merah. Setelah Tarawih dan Witir, anda juga bisa mengonsumsi buah segar lainnya.

4. Jangan Makan Santan



Di Indonesia, kolak pisang menjadi takjil favorit banyak orang. Namun sayang, jika anda sedang diet sebaiknya jangan memasukkan kolak pisang ke dalam daftar menu buka puasa anda. Tidak hanya itu, opor ayam juga sering dijadikan lauk, sebaiknya dihindari.

Karena makanan-makanan tersebut megandung lemak yang kaya akan lemak dan bisa menaikkan kadar kolesterol Anda. Jika kadar kolesterol meningkat, hal tersebut bisa menaikkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah anda.

5. Jangan Makan Fastfood



Jika kalian adalah karyawan kantor, mahasiswa yang ingin melakukan buka bersama di tempat makan, sebaiknya hindari tempat makan yang menyajikan fastfood. Pilih tempat makan yang menyajikan nasi dan lauk pauk seperti di rumah.

Makanan cepat saji mengandung lemak dna natrium yang sangat tinggi seperti hamburger, fried chicken, kentang goreng, dan juga pizza. Atau jika mau irit, bawalah makanan sendiri dari rumah yang tentu anda bisa menakar kesehatannya sendiri.

Nah, itulah sedikit tips tentang Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Diet

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel